INFO MAN 4
Jadikan MAN 4 Jakarta Percontohan, Ini Kata Menag

Jadikan MAN 4 Jakarta Percontohan, Ini Kata Menag

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) ingin menjadikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta Selatan sebagai Madrasah Aliyah percontohan yang berada di tengah-tengah kota besar dan umumnya memiliki lahan terbatas, tetapi mampu menjaga kualitas pendidikan.

“Kita tahu MAN 4 memiliki prestasi yang sangat banyak dan mudah-mudahan ini bisa menjadi percontohan dan model bagi Madrasah Aliyah yang lain, baik negeri maupun swasta,” kata Menag Lukman saat melakukan tinjauan Ujian Nasional (UN) di MAN 4, Selasa (11/4/2017).

Menag juga mengatakan, bahwa pihaknya akan bekerja sama memanfaatkan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam upaya pengembangan bangunan fisik yang ada di MAN 4 Jakarta.

Tidak hanya meninjau pelaksanaan UN, di MAN 4 Menag Lukman juga meninjau lingkungan sekolah, mulai dari Koperasi, Perpustakaan, Kamar Mandi Guru dan Staf juga kamar mandi siswa. Menag juga meninjau kantin dan kantor guru.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Lukman sempat memuji sistem absensi sidik jari yang diterapkan MAN 4, yang terkoneksi dengan pesan singkat ke orang tua. Sehingga orang tua dapat mengetahui anaknya datang ke sekolah dan pulang sekolah dengan tepat waktu.

Absensi sidik jari ini sendiri dilakukan empat kali dalam sehari, yakni saat masuk sekolah, akan Salat Dzuhur, usai Salat Dzuhur dan pulang sekolah. “Ini sesuatu yang sangat kita apresiasi,” kata Lukman.

Tidak hanya itu Menag Lukman juga memuji berbagai fasilitas MAN 4 yang memadai, misalnya saja koperasi yang memiliki aset tidak kurang dari Rp 12 miliar. “Saya kira ini cukup baik dan banyak siswa siswi yang juga memanfaatkan koperasi simpan pinjam itu,” ujar Menag.

Tidak hanya itu, Menag juga mendapatkan informasi dari kepala Madrasah tentang prestasi siswa yang membanggakan dan patut disyukuri. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi model bagi Madrasah Aliyah lainnya karena tidak kurang dari 759 Madrasah Aliyah Negeri kita dan ribuan Madrasah Aliyah Swasta yang perlu memiliki model pengembangan materi ke depan,” tutup Menag.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani