INFO MAN 4
Menag Apresiasi Inovasi Absen Sidik Jari di MAN 4 Pondok Pinang

Menag Apresiasi Inovasi Absen Sidik Jari di MAN 4 Pondok Pinang

Jakarta (Kemenag) — Hari kedua pelaksanaan UN Madrasah Aliyah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berkunjung ke MAN 4 Pondok Pinang. Selain melihat pelaksanaan UN, Menag sempat meninjau beberapa fasilitas madrasah.

Madrasah yang didirikan pada 1994 ini sudah berkembang pesat. Selain bagunan gedung yang baik, madrasah ini dilengkapi perpustakaan, fitness corner, kantin, laboratorium, ruang guru, koperasi guru dan toilet yang bersih. Menag mengapresiasi kemajuan dan inovasi MAN 4, salah satunya terkait pemberlakuan absensi sidik jari (finger print).

Kepada Menag, Kepala MAN 4 Ismail Nur menjelaskan bahwa finger print tidak hanya bagi para guru, tetapi juga siswa. Untuk siswa, mesin finger print disediakan per-jurusan peminatan yang terkoneksi dengan gawai masing-masing orang tua siswa.

“Hal ini dilakukan agar mempermudah orang tua siswa dalam mengontrol anaknya,” ujar Kepsek MAN 4 Ismail Nur, Selasa (11/04). Ismail menerapkan absensi 4 (empat) kali dalam sehari, di pagi hari, sebelum shalat Dhuhur, setelah shalat Dhuhur dan di sore hari saat pulang sekolah.

Madrasah yang sejak tahun 1997 ditetapkan sebagai MAN Model ini juga memiliki Koperasi bagi guru dan siswanya. Koperasi itu kini telah mengelola dana tidak kurang dari 12M. Koperasi ini juga dilengkapi dengan Bank Mini tempat para siswanya menabung.

Menag berharap MAN 4 sebagai MAN Model dapat benar-benar menjadi contoh bagi madrasah lainnya, negeri maupun swasta. “Kementerian Agama ingin menjadikan MAN 4 sebagai madrasah percontohan, madrasah aliyah yang berada di tengah-tengah kota besar, dengan lahan yang terbatas tapi tetap mampu menjaga kualitas,” ujar Menag Lukman.

Menag juga menyatakan ke depannya, Kemenag akan memanfaatkan anggaran melalui skema SBSN untuk pengembangan madrasah.
Hadir mendampingi Menag, Direktur Kurikulum, Sarana, Kesiswaan, dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah M Nurkholish, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Mastuki, Kepala Biro Umum Syafrizal. Tampak hadir juga Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Abdurrahman dan Sekretaris Itjen yang juga Ketua Komite MAN 4 Hilmi Muhamadiyah. (kemenag.go.id)