INFO MAN 4
Seni Melipat Kertas (Origami) di MAN 4 Jakarta

Seni Melipat Kertas (Origami) di MAN 4 Jakarta

Jakarta (Humas) — Siapa yang tak kenal origami atau seni melipat kertas ? Origami dikenal di Jepang sebagai sebuah seni ketrampilan melipat kertas yang dikenalkan sejak kanak kanak, dan menjadi salah satu budaya yang diwariskan secara turun temurun. Di Indonesia seni melipat kertas ini merupakan ketrampilan yang hanya menjadi kegiatan di tingkat taman kanak kanak. Seni melipat kertas atau yang disebut Origami memiliki bentuk yang beragam dan tingkat kesulitan yang beragam pula.

Selasa 25/04 kembali hadir di MAN 4 Jakarta native dari Mirai Project yang mengisi pelajaran bahasa Jepang di kelas X IPA 2 yang diampu oleh Nia Kurniasih. Pelajaran dimulai dengan tayangan video tentang suasana mekarnya bunga Sakura di Jepang oleh Saori Sensei. Selanjutnya Saori Sensei dan Megumi Sensei mengajak peserta didik membuat bunga sakura dengan media kertas origami yang bermotif indah khas Jepang. Peserta didik terlihat antusias melipat, menggambar dan menggunting kertas origami sehingga menjadi bentuk bunga sakura yang indah.

Proses pembelajaran dengan mendatangkan native ini menambah semangat dan antusias peserta didik dalam belajar. Peserta didik akan lebih banyak menggali kebudayaan secara langsung dari orang Jepang.