Pelatihan TOAFL 2012-2013

 

Pada hari Senin pagi, (21/01/2013) diadakan pelatihan TOAFL 2012-2013. Pada kali ini yang menjadi narasumber adalah penggagas dan pembuat soal TOAFL dari UIN Jakarta, Drs. H. Syamsul Arifin, M.Pd. Materi yang diberikan adalah fahmuttaraakib. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.30 dan berakhir pada pukul 09.30 ini dihadiri pula oleh para pendidik Bahasa Arab MAN 4 Jakarta.


Sebelumnya diberitakan bahwa untuk yang kelima kalinya MAN 4 Jakarta menyelenggarakan pelatihan TOAFL (The Test of Arabic as a Foreign Language). Program kerja kurikulum ini diperuntukkan bagi peserta didik kelas XII program Bahasa dan Keagamaan. Untuk tahun ini TOAFL dilaksanakan satu kali dalam seminggu, setiap hari Jum’at dari pukul 14.30 hingga pukul 16.00.


Adapun materi yang diajarkan terdiri dari tiga bagian, yaitu fahmul masmu’ (listening comprehension), fahmul mufradat wattaraakib (grammar and vocabulary test) dan fahmul maqru` (reading comprehension). Dalam pelatihan ini sebanyak 6 kali pertemuan materi diajarkan oleh tenaga pengajar Bahasa Arab MAN 4 Jakarta; Dra. Hj. Wus’ah Suralaga, M.Pd, Mukhlis Amanuddin, S.Ag, Endah Umayanah, S.Ag, Ahmad Fitroh, S.H.I, H. Hafidz Abdillah, S.Pd.I dan Hasanudin, S.Pd.


Sebelumnya pada hari Jum’at (12/10/2012) telah diadakan pembukaan pelatihan TOAFL 2012 oleh wakil kepala MAN 4 Jakarta bidang kurikulum, Khairunas, S.Pd mewakili Dra. Hj. Isnadiar Dekok, M.M. Dalam sambutannya mengatakan “TOAFL ini merupakan program tahunan MAN 4 Jakarta yang khusus diberikan dan diajarkan kepada siswa-siswi kelas XII program Bahasa dan Keagamaan, Alhamdulillah program ini untuk tahun ini masih dapat dilaksanakan”. Khairunas menambahkan bahwa semua peserta didik program Bahasa dan Keagamaan ketika lulus dari MAN 4 Jakarta sudah memiliki sertifikat TOAFL dan bagi yang memperoleh skor tertinggi ketika prosesi kelulusan nanti akan diumumkan menjadi siswa terbaik untuk kategori peserta didik dari program Bahasa dan Keagamaan.


Pelatihan ini bertujuan mengukur kemampuan Bahasa Arab para peserta didik kelas XII program Bahasa dan Keagamaan dan melatih para peserta dalam mengerjakan soal-soal TOAFL yang sudah menjadi tes wajib untuk masuk perguruan tinggi Islam di Indonesia seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sehingga nantinya mereka terbiasa dan tidak asing lagi dengan soal-soal TOAFL. (hsn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.