Hemat Kertas dengan Ulangan Harian Online

Hemat Kertas dengan Ulangan Harian Online

 Oleh : Hasanudin *)

 

Jumat (16/01/2015) kemarin saya mengadakan Ulangan Harian Online Bahasa Arab 4 (empat) di kelas XI Keagamaan. Ulangan tetap dilakukan di dalam kelas dan di jam pelajaran Bahasa Arab. Namun untuk remedial saya memberikannya di luar jam pelajaran Bahasa Arab, mereka mengerjakan soal remedial dapat dilakukan di rumah masing-masing. Bagi saya menerapkan eleraning dalam pembelajaran sangat bermanfaat, saya sebagai seorang guru tak perlu menguras tenaga untuk menyampaikan materi di kelas, materi tinggal di publish di website elearning lalu setiap siswa diharuskan mengakses website tersebut untuk melihat materi. Di kelas hanya untuk pendalaman dan diskusi materi yang belum mereka pahami dari materi yang telah di upload ke website elearning. Tentunya ini lebih efektif dan efisien dalam hal waktu, di kelas kita sebagai seorang guru tak dikejar-kejar oleh waktu untuk menyelesaikan suatu materi.

Selain materi, proses penugasan dan pengumpulannya dapat dilakukan via online, kita tinggal menyiapkan kolom untuk tugas dan menginfokannya ke siswa bahwa mereka harus mengumpulkan tugas tersebut dengan cara bisa menguploadnya ke website elearning, enaknya lagi kita dapat menseting waktu atau periode pengumpulan tugasnya, lewat dari yang telah ditentukan maka sistem akan menutup sendiri, siswa yang belum mengumpulkan tugasnya melewati batas waktu itu tidak dapat mengumpulkan tugasnya, hal ini dapat memacu siswa untuk segera mengumpulkan tugasnya karena sistem akan menutup sendiri sesuai waktu yang telah kita tentukan sebelumnya.

Pun begitu halnya dengan Ulangan Harian (UH) kita tak perlu repot-repot mencetak lembaran kertas UH sebanyak jumlah siswa, tinggal kita buat saja soalnya di website, ini sangat ramah lingkungan tak perlu boros membuang-buang kertas banyak, hebatnya lagi website elearning ini menyediakan banyak tipe/jenis soal, ada pilihan ganda, mencocokan/menjodohkan, isian singkat hingga essay sekalipun ada. Menariknya ketika saya mempraktekan Ulangan Harian dengan jenis soal pilihan ganda terdapat pilihan apakah soal di acak atau tidak, ketika saya memilih pilihan diacak maka setiap siswa akan berbeda-beda menerima urutan baik urutan nomor soal maupun pilihan jawabannya, jadi soal nomor 1 pada siswa A akan berbeda dengan nomor 1 pada siswa B, hal ini akan sangat membantu guru untuk meminimalisir kecurangan siswa dalam mengerjakan soal Ulangan Harian.

Biasanya kalau Ulangan Harian konvensional setiap guru pasti akan melakukan koreksi soal setelahnya dan kalau untuk UH guru biasanya koreksi sendiri, tentunya ini akan memakan waktu dan melelahkan, namun dengan elearning hal ini tak perlu kita lakukan, ketika siswa selesai mengerjakan soal Ulangan Harian Online lalu mereka meng’klik’ tombol FINISH secara otomatis sistem langsung memunculkan nilai siswa, mereka tak perlu menunggu waktu lama dari sang guru untuk mengetahui nilai dan siapa saja yang harus remedial UH, terutama soal pilihan ganda yang telah saya praktekan kemarin di kelas XI Keagamaan MAN 4 Jakarta para siswa langsung mengetahui siapa saja yang harus remedial.

Untuk soal-soal pilihan ganda, setelah selesai diadakan Ulangan Harian kita sebagai guru dapat melihat hasil jawaban siswa masing-masing di setiap nomor soalnya, dari situ kita dapat menganalisis hasil jawaban siswa, nomor manakah yang banyak dijawab benar dan nomor manakah yang paling banyak dijawab salah oleh siswa, sangat praktis bagi guru untuk mengevaluasi soal, bahkan lebih dari itu kitapun disuguhkan grafik hasil ulangannya oleh sistem.

Untuk dapat mengikuti Ulangan Harian Online sangatlah mudah, setiap siswa harus memiliki account masing-masing di website elearning dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu, dengan memiliki account ini siswa dapat mengikuti segala jenis kursus online bahkan untuk melihat nilai-nilai pun dapat dilakukan tanpa ada rasa malu akan diketahui nilainya oleh temannya, karena hanya siswa itu sendiri yang dapat melihatnya. Selain itu siswa hanya perlu menggunakan laptop, tablet, atau handphone dan koneksi internet, untuk siswa MAN 4 ini bukanlah kendala karena area MAN 4 sendiri sudah tercoverage oleh koneksi WIFI.

Berikut ini foto dokumentasi saat para siswa kelas XI Kegamaan mengerjakan soal UH Bahasa Arab Online :

*) Guru Bahasa Arab MAN 4 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.