Besok, Pemerintah Gelar Salat Istisqa di Istiqlal

Jakarta (Pinmas) —- Berbagai upaya  dilakukan Pemerintah untuk menjaga agar masyarakat tidak terlampau lama menderita akibat kemarau panjang yang sedang melanda Indonesia. Langkah-langkah strategis diambil untuk meminimalisir  dampak kekeringan yang cukup panjang melanda Indonesia pada tahun ini.

Harapan untuk segera turunnya hujan juga terus dipanjatkan melalui pelaksanaan salat yang dalam Islam dikenal dengan nama Salat Istisqa.  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bahkan telah membuat imbauan massal agar umat Islam melaksanakan Salat Istisqa (berharap hujan kepada Allah swt).

Atas imbauan Menag, berbagai daerah yang diinisiasi oleh Kanwil Kementerian Agama provinsi pun telah melaksanakan Istisqa, misalnya di Provinsi Kalimantan Selatan yang diikiti oleh ribuan umat Islam. Para peserta didik di Lembaga Pendidikan Islam, misalnya  MAN 4 Jakarta Selatan, juga menggelar Salat Istisqa pada Kamis (29/10) lalu, setelah sebelumnya mereka berpuasa selama tiga hari.

Istisqo_MAN4_1

Besok, 1 November 2015 bertepatan dengan 19 Muharram 1437 H, Kemenag akan menggelar Salat Istisqa di halaman Masjid Istiqlal. Pelaksanaan dijadualkan dimulai pukul 07.00 WIB.

Bertindak sebagai Khatib adalah KH. Ma’ruf Amin, Rois Syuriah PBNU sekaligus Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sedangkan imam akan dipimpin oleh H. Hasanudin Sinaga, Dosen UIN Syatif Hidayatullah Jakarta sekaligus Imam Besar Masjid Istiqlal.

Kepada masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya diimbau untuk ikut bersama-sama melakukan Salat Istisqa yang rencananya akan diikuti juga Wakil Presiden RI, H.M Jusuf Kalla dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. (thobib/mkd/mkd)

Sumber : kemenag.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.