“Encounters With Bali, A Collector’s Journey”

Hari Kamis, 26 Juli 2018, siswa-siswi kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1 MAN 4 Jakarta di bawah bimbingan Novianti Mulyana, M.Pd   melaksanakan kegiatan kunjungan ke Museum Tekstil Jakarta, Jl. KS Tubun 2-4, Jakarta, untuk mengunjungi pameran yang berjudul “ENCOUNTERS WITH BALI, A Collector’s Journey” yang menampilkan koleksi tekstil Indonesia milik DR John Yu Ac dan DR George Soutter Am.

Kunjungan terlaksana dengan kerjasama dari kedutaan besar Australia. Koleksi tekstil tersebut  terkumpul selama lebih dari tigapuluh tahun ke Bali dan sekitarnya, pameran ini untuk menunjukkan pada pengunjung tentang tradisi tekstil Indonesia yang kaya dan sangat beragam.

Pameran Macmillan aneka textile Indonesia yang langka, yang menekankan tentang contoh-contoh dari aneka teknik yang digunakan dalam pembuatan tekstil Indonesia yang menunjukkan betapa kayanya budaya Indonesia.

Guru dan Siswa MAN 4 sedang membatik.

Kegiatan kunjungan dilengkapi dengan kegiatan Membatik ,“ Untuk  lebih mengenal dan mendapatkan pengalaman tentang aplikasi dari salah satu teknik pembuatan tekstil Indonesia, sebagai bagian dari memperkaya pengalaman dari kegiatan belajar mengajar peserta didik MAN 4 Jakarta yang lebih kontekstual, “ ungkap Novianti Mulyana ketika di tanya manfaat kunjungan ke musium tekstil.