Pemimpin Berkaca Semesta, Kaderisasi OSIS 2018/2019

Pemimpin Berkaca Semesta adalah seorang pemimpin yang mampu mengayomi dan menaungi anggotanya layaknya alam semesta di bumi yang memberikan dan menyediakan segala hal yang dibutuhkan para makhluk hidupnya. Begitu pula juga dengan diadakannya Kaderisasi OSIS ini kami ingin menemukan Sang Pemimpin Berkaca Semesta, seorang pemimpin yang dapat mengayomi serta menaungi anggotanya sebaik mungkin dan sebertanggungjawab mungkin. Gunakan hak pilihmu sebaik mungkin, temukan Sang Pemimpin Berkaca Semesta!

Senin, 15 Oktober 2018 di tengah teriknya upacara pagi MAN 4 Jakarta, kedelapan calon ketua OSIS MAN 4 Jakarta dengan penuh semangat memaparkan Visi dan Misi mereka masing-masing yang sebelumnya dibuka secara spektakuler oleh Ibu Lisnur Azizah, Wakabid. Kesiswaan MAN 4 Jakarta dalam amanatnya dalam upacara kala pagi itu. Kedelapan calon ketua OSIS tersebut merupakan siswa/i MAN 4 Jakarta yang telah melalui proses penilaian dengan segala pertimbangan oleh MPK MAN 4 Jakarta. Kedelapan siswa/i tersebut lalu dipakaikan selempang yang bertuliskan “BHAKTI MADRASAH” oleh ibu Lisnur Azizah sebagai simbol bahwa siswa/i inilah yang siap menjadi Ketua OSIS MAN 4 Jakarta dan siap untuk menjadi teladan bagi siswa/i yang lainnya. Maka kedelapan siswa/i tersebut adalah :

  1. Alfayed Baihaqi (XI IPA 2)
  2. Muhammad Rafi Eltharik Sofyan (XI IPS 2)
  3. Dzaky Ahnaf Rafi’I (X IPA 4)
  4. Dhiya Satria Hamdalah (X IPA 5)
  5. Alyssa Najwa Soraya (XI IPS 2)
  6. Aulia Yumna Zharifah (XI IPA 2)
  7. Kyla Batrisya Salsabila (X IPA 4)
  8. Keyshia Alma Raharjo (X IBB)

Dengan memaparkan Visi dan Misi mereka di depan seluruh Civitas Akademika MAN 4 Jakarta pada pagi itu, maka secara resmi mereka akan segera mengikuti serangkaian proses Kaderisasi OSIS 2018/2019 ini.

Tidak hanya sampai situ untuk hari Senin, pada sore harinya kedelapan kandidat calon ketua OSIS segera memaparkan Visi dan Misinya lagi dihadapan para Wakabid., para guru, dan para pengurus OSIS MAN 4 Jakarta 2017/2018. Pada kesempatan kali ini, para undangan yang hadir di Multimedia MAN 4 Jakarta juga dipersilahkan untuk bertanya pada setiap kandidat dengan durasi 5 menit untuk seluruh pertanyaan dan jawaban dari setiap kandidat.

~~~

Keesokan harinya, Selasa, 16 Oktober 2018 para kandidat dikumpulkan oleh panitia pada pagi hari untuk diumumkan pasangan-pasangan yang telah ditetapkan oleh panitia dengan segala pertimbangan. Pasangan-pasangan yang juga diberikan nomor urut ini diharapkan bisa dan mampu untuk bekerjasama satu sama lainnya untuk menyelesaikan seluruh proses kaderisasi tahun ini dengan lebih optimal dan mampu untuk memikat hati Civitas Akademika MAN 4 Jakarta yang akan memilih mereka. Pasangan-pasangan ini juga diminta untuk membuat Visi dan Misi mereka secara berpasang-pasangan dan mulai mencari Tim Sukses mereka. Berikut ini adalah nomor urut pasangan kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2018/2019 :

  1. Alfayed Baihaqi dan Aulia Yumna Zharifah
  2. Muhammad Rafi Eltharik Sofyan dan Alyssa Najwa Soraya
  3. Dzaky Ahnaf Rafi’i dan Kyla Batrisya Salsabila
  4. Dhiya Satria Hamdalah dan Keyshia Alma Raharjo

~~~

Kamis, 18 Oktober 2018 adalah hari terpanas dalam masa kaderisasi kali ini, dikarenakan inilah saat yang tepat bagi para kandidat untuk unjuk gigi untuk menunjukkan kepada seluruh Civitas Akademika MAN 4 Jakarta bahwa merekalah yang pantas untuk memegang kunci roda kepemerintahan berikutnya. Lewat studi kasus dan argumentasi setiap kandidatnya dapat menjadi skala ukur untuk pemantapan hati para Tim Sukses dan siswa/i lainnya yang belum menentukan pilihannya.

Debat Kandidat OSIS 2018/2019 dilaksanakan di Masjid MAN 4 Jakarta dimulai setelah dilaksanakannya sholat Dzuhur. Acara dibuka oleh MC yang segera mempersilahkan para kandidat untuk memasuki arena debat yang telah ditentukan. Para Tim Sukses dengan segera bersorak untuk menyambut para kandidat yang masuk satu persatu berdasarkan lantangnya nama mereka disebutkan melalui mic oleh MC acara. Setelah semua kandidat duduk di tempat yang telah disiapkan, MC mengalihkan acara kepada moderator. Ibu Hima Afiah Fitri adalah guru MAN 4 Jakarta yang menjadi moderator pada kesempatan debat kali ini. Debat Kandidat OSIS 2018/2019 inipun dibagi menjadi beberapa Sesi yang diantaranya adalah Sesi Pemaparan Visi dan Misi setiap pasangan calon, Sesi Studi Kasus yang ditentukan oleh panitia, dan Sesi Tanya Jawab oleh Civitas Akademika MAN 4 Jakarta yang hadir.

~~~

Jumat, 19 Oktober 2018 setelah debat dan pemaparan Visi dan Misi, adalah saat yang tepat untuk berkampanye terlebih ke kelas-kelas yang secara acak telah di tentukan untuk setiap pasangan calonnya. Dengan bermodalkan mading karton yang berisi Visi dan Misi, para kandidat dengan penuh keyakinan dan percaya diri mengkampanyekan Visi dan Misi juga Slogan ataupun Yel-yel mereka yang telah dibuat bersama para Tim Sukses ke setiap kelas yang telah ditentukan.

~~~

“Ada jutaan jendela di dunia dan sebenarnya kamu bebas memandang dari sudut mana saja. Maka tentukan pilihanmu dengan  seberani-beraninya, jangn hanya mau ikut-ikutan arus semata. Jadilah kuat dan penuh semangat, babatlah habis segala jahat selama kamu masih sempat” – Phosphenous.

Senin, 22 Oktober 2018 dengan genapnya seminggu berlalu proses Kaderisasi maka hari ini adalahnya saatnya. Saat untuk suara-suara tertahan agar membuncah, saat yang diam akan memilih, dan saat yang pintar akan segera berkontribusi. Dimulai tepat setelah upacara, E-vote Kaderisasi OSIS 2018/2019 dibuka oleh Kepala Madrasah, Bapak Ismail Nur Lc., M. Ag secara simbolis. Beliau juga memberi sambutan dan menyalami satu persatu calon ketua dan wakil yang sebentar lagi akan dipilih oleh seluruh Civitas Akademika MAN 4 Jakarta di dalam bilik bilik yang disediakan. Kemudian setelah itu Ketua MPK 2017/2018, Raudha Nisrina dan Ketua Pelaksana Kaderisasi OSIS 2018/2019, Ghina Fathimah juga memberikan sambutan terbaiknya. Lalu secara resmi semua Civitas Akademika memiliki hak pilih untuk segera memilih berdasarkan urutan yang telah diatur oleh panitia. Dimulai dari Wakabid. dan para guru lalu bergantian dengan para murid yang dipanggil berdasarkan urutan kelasnya untuk memilih.

Quick Count dalam selang beberapa jam dibacakan dan dipublikasikan lewat Radio Mini MAN 4 Jakarta yang menandakan betapa sengitnya hasil pemungutan suara ini. Lalu pada sore hari, hasil E-Vote yang ditunggu-tunggu akhirnya diumumkan oleh MPK yang selama ini menjadi panitia pelaksana kaderisasi di tengah Gang Model MAN 4 Jakarta. Hasil pemungutan suara Kaderisasi OSIS 2018/2019 adalah sebagai berikut :

  1. Alfayed Baihaqi dan Aulia Yumna Zharifah

Dengan persentase hasil suara = 50,4 % (503 suara)

 

  1. Muhammad Rafi Eltharik Sofyan dan Alyssa Najwa Soraya

Dengan persentase hasil suara = 39,1 % (390 suara)

 

  1. Dzaky Ahnaf Rafi’i dan Kyla Batrisya Salsabila

Dengan persentase hasil suara = 4,1 % (41 suara)

 

  1. Dhiya Satria Hamdalah dan Keyshia Alma Raharjo

Dengan persentase hasil suara = 6,4 % (64 suara)