Hari Guru Nasional – Guru Perubah Peradaban Menjadikan Bangsa Hebat Bermartabat

Humas MAN 4 Jakarta –┬áSenin, 26 November 2018, MAN 4 Jakarta memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dengan Upacara Bendera di Lapangan Upacara MAN 4 Jakarta di mana petugas Upacaranya adalah Para Guru dan Karyawan, serta Kolaborasi Musik yang di padu dengan persembahan beberapa ekskul di dalamnya. Upacara ini dihadiri oleh kurang lebih 900 an peserta didik dan 137 guru dan karyawan.

Upacara memperingati Hari Guru Nasional dengan pemimpin Upacara Bapak Hilal Najmi, S.Pd dan pembina Upacara Bapak H. djedjen Zainuddin, M.Pd mengungkapkan bahwa Metode mengajar guru lebih penting daripada Materi Pembelajan dan Guru lebih penting dari metode mengajar, dan yang paling penting dari semua itu adalah ruhnya Guru tersebut. Beliaupun menggugah kesadaran para peserta didik dengan mengungkapkan keihlasan seorang guru yg tanpa lelah membagikan ilmunya dengan melupakan rasa lelah yg melanda ataupun permasalahan pribadinya. Petugas MC, Paskibra dan Paduan suara juga terdiri dari Bapak Ibu Guru yang dengan semangat menjalankan tugasnya dengan baik.

Peserta didik kelas XII yang berjumlah 336 orang di bawah pimpinan Guru Kesenian berbakat Bapak Ama Gusti sekaligus sebagai konduktor mempersembahkan Kolaborasi Kolosal musik dengan teater, paskibra,silat, tari dan pantomim. Persembahan yang luar biasa hebatnya, betapa tidak, kreativitas Peserta Didik tumpah ruah menjadi satu harmonisasi pertunjukan yang dahsyat.
Teater menampilkan satu cerita tentang pendidikan di masa penjajahan, di mana keterbatasan pribumi Indonesia dalam mengenyam pendidikan karena pelarangan belajar oleh Penjajah pada masa itu. Yang sangat luar biasa adalah naskah cerita tersebut di susun oleh peserta didik berbakat yang bernama Ikram kelas XII Agama yang sekaligus berperan sebagai seorang kakek yang peduli terhadap pendidikan bangsanya dan rela berkorban hidupnya utk murid – muridnya.

Keharmonisasian pertunjukan teater dengan yang lainnya terutama Kolaborasi musik yang dibawakan oleh 300 an peserta didik kelas XII terlihat dengan adanya jeda tanggap ditengah adegan oleh kolaborasi musik.

Persembahan ini di tutup dengan bernyanyi dan menari bersama seluruh peserta didik kls XII dan pemberian tanda kasih berupa plakat dan bunga kepada Kepala Madsarah aliyah Negeri 4 Jakarta, Bapak H. ismail Nur,Lc MA dan kepada seluruh guru dan karyawan oleh peserta didik.

Terimakasih anak-anak tercinta, kalian anugerah terindah bagi Guru-Guru MAN 4 Jakarta.

Selamat Hari Guru untuk seluruh Guru-guru di manapun berada, jadilah perubah peradaban menjadi lebih baik dan bermartabat.