Program Cambridge – MAN 4 Jakarta

PROGRAM CAMBRIDGE

MAN 4 JAKARTA

 

MAN 4 Jakarta sebagai sekolah yang konsen dengan pengembangan mutu pendidikan, berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan yang berkualitas dengan membuka layanan kelas Internasional dalam bentuk mengadop kurikulum Cambridge pada beberapa mata pelajaran di peminatan IPA dan IPS.

Program Cambridge merupakan kelas khusus yang bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan bermutu tinggi yang diakui dunia internasional agar lulusannya memiliki kemampuan sesuai standar isi dan standar kompetensi lulusan (nasional), serta memiliki lisensi internasional melalui sertifikasi ujian internasional yang berafiliasi dengan Cambridge Assessment Internasional Examination.

Kurikulum yang digunakan pada layanan kelas internasional adalah Kurikulum Nasional  yang mengacu pada standar isi yang diperkaya dengan standar isi dari Cambridge Assessment Internasional Examination dengan cara mengadopsi dan mengadaptasi kedua standar isi.

Siswa pada layanan kelas internasional berhak mengikuti proses pembelajaran menggunakan kurikulum Nasional yang dipadukan dengan kurikulum Cambridge khusus untuk subjek berikut :

  1. Jurusan IPA : A/AS Level Math, A/AS Level English, A/AS Level Biology, A/AS Level Chemistry, dan A/AS Level Physics.
  2. Jurusan IPS : A/AS Level Math, A/AS Level English, A/AS Level Economics, A/AS Level Sociology, dan IGCSE Chinese as a Second Language.

Siswa pada layanan kelas internasional berhak mengikuti ujian nasional (UN) dengan subjek ujian nasional (UN) sesuai jadwal yang ditentukan pemerintah berlokasi di MAN 4 Jakarta Selatan, dan ujian internasional (Cambridge Exam) dari Cambridge Assessment Internasional Examination berlokasi di Cambridge School yang akan ditentukan kemudian pada bulan Oktober – November 2019 sesuai dengan subjek pilihannya.

Bahasa Pengantar dan sumber referensi utama yang digunakan pada mata pelajaran pada kurikulum Cambridge adalah bahasa Inggris. Sedangkan bahasa pengantar pada mata pelajaran lainnya menggunakan bahasa Indonesia dan dapat menggunakan bahasa internasional.

  • Pembelajaran dilaksanakan di MAN 4 Jakarta sesuai dengan jadwal akademik.
  • Guru di kelas Internasional merupakan guru yang mempunyai latar belakang pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan memiliki kualifikasi dalam penguasaan Bahasa Inggris.
  • Penilaian dilaksanakan sesuai dengan pedoman penilaian untuk seluruh siswa MAN 4 Jakarta.
  • Laporan hasil belajar (LHB) bagi siswa pada layanan kelas internasional ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris dengan format sesuai dengan LHB siswa lainnya yang mengacu pada standar penilaian dan panduan penyusunan LHB, dan khusus untuk kelas Internasional akan dilengkapi dengan Laporan Hasil Belajar Internal khusus untuk mata pelajaran yang menggunakan kurikulum Cambridge.
  • Pengelolaan penyelenggaraan kelas internasional berada dibawah arahan Kepala Sekolah dan dilaksanakan oleh guru dan dibantu pelaksana administrasi khusus yang bertanggungjawab kepada kepala sekolah melalui koordinasi dengan wakil kepala sekolah.
  • Pengelolaan kelas dilakukan oleh wali kelas yang merangkap sebagai pembimbing akademik bekerjasama dengan konselor/BK;
  • Penerimaan siswa baru dilakukan melalui seleksi tertulis dan wawancara dalam bahasa Inggris serta persetujuan/kesanggupan pembiayaan khusus kelas Cambridge. Mata pelajaran yang diujikan pada saat seleksi adalah bahasa Inggris dan matematika.
  • Beban biaya layanan kelas internasional bersumber dari pembiayaan mandiri orangtua siswa.
  • Pendaftaran Ujian Cambridge akan dilakukan pada awal bulan Januari setiap tahunya di Cambridge School, dengan syarat dan ketentuan akan ditentukan kemudian.